Rabu, 20 Agustus 2014

jurusan pendidikan bahasa indonesia

INFORMASI UMUM
Program studi ini berdiri sejak 1983. Misi program studi adalah menghasilkan lulusan yang professional. Program studi menyajikan mata kuliah yang relevan dengan kebutuhan, seperti linguistic, sastra, drama dan seni peran, pengajaran, jurnalistik, fotografi, kepenyiaran, pengelolaan perpustakaan, dan ESP (English for Spesific Purpose). Dengan mata kuliah yang disajikan, lulusan prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dapat menekuni profesi antara lain guru, ilmuwan, pustakawan, jurnalis, kolomnis, presenter, pelaku dan pengamat seni.
Mata kuliah yang disajikan diajarkan langsung oleh dosen yang berkualifikasi S2 dan S3, serta para praktisi. Program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah mempunyai fasilitas, yaitu laboratorium drama dan seni peran (Hibah Dikti 2006 & 2007) yang dilengkapi dengan PC editing, perekaman, digital photo, dan home theater. Program studi juga memiliki Laboratorium Microteaching yang lengkap dan nyaman.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
Menjadi Program Studi terkemuka dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang siap berkompetensi dan beradaptasi terhadap perubahan global yang dilandasi nilai-nilai Islami.
 
Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang ditunjang oleh teknologi informasi, kemampuan berinovasi dan berwirausaha serta berkarakter Islami.
  2. Mengembangkan penelitian yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta dapat mengantisipasi dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat  di masa yang akan dating.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kebahasaan kesastraan Indonesia serta pembelajaran.
  4. Mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak baik tingkat local, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan mutu program studi yang berwawasan global.
  6. Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
 
Tujuan :
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif, kreatif, berjiwa wirausaha, dan dapat berkompetisi di dunia global serta berkepribadian Islami.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mampu menjadi guru yang berkompetensi pedagogi, professional, kepribadian dan social.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan baha dan sastra Indonesia yang dapat mengembangkan ilmu melalui peelitian yang inovatif, relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat mengantisipasi perkembangan global.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan yang dapat mengimplementasikan ilmu untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki wawasan local, nasional dan internasional sehingga dapat berperan serta dalam percaturan global.

    Kompetensi
    Kompetensi :
    Kompetensi Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Bahasa Daerah  merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar, yang terdiri atas kompetensi utama, dan kompetensi pendukung.
    Kompetensi utama program studi adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang bahasa dansastra Indonesia serta pengajarannya, maupun seni pertunjukan berdasarkan wawasan keislaman. Kompetensi utama tersebut meliputi kelompok matakuliah: Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), dan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), dengan kompetensi sebagai berikut.
    1. Kelompok MPK: Peningkatan keimanan, ketaqwaan, dan kemuhammadiyahan, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.
    2. Kelompok MKK: Pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pengajarannya.
    3. Kelompok MKB: Pengembangan daya cipta kritis dan rasa tanggung jawab dalam praktik-praktik kebahasaan, kesastraan, serta pengajarannya.
    Kompetensi pendukung program studi adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan penunjang profesi keguruan. Kompetensi
    pendukung tersebut meliputi kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB Khusus) dan Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB).
    Kompetensi tersebut mencakup kelompok-kelompok matakuliah berikut:
    1. Kelompok MKB Khusus : Mengembangkan keterampilan dan etos kerja di bidang jurnalistik dan seni peran.
    2. Kelompok MBB : Pemerolehan pengalaman praktis sesuai dengan kebutuhan profesi dalam masyarakat.
    Secara keseluruhan yang akan dicapai oleh lulusan Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Bahasa Daerah mencakup kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia, sastra dan  Daerah pengajarannya serta kompetensi pendukung di bidang jurnalistik.

    BEM FKIP link-lunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar